Patutkah bertanya kapan nikah?

 


Mulai hari ini, niatnya mau rutin nulis lagi. 

Mau bikin kesepakatan pada diri sendiri agar komitmen nulis, satu tulisan di setiap malam. 


Nah btw man teman saya dapat kata kata yang bagus banget, ini nyonto dari tulisan teman yang disadur dari sebuah novel, tapi saya gak tahu judul novelnya apaan, dan saya yakin kata kata ini sudah tidak asing lagi di telinga kalian. 


Yakni,

Saat hidupmu lebih baik itu bukan berarti menjadi lampu hijau untuk mengomentari hidup orang lain


Baca dan pahami betul betul yakk!



Dalemmm banget kan!

Tulisan ini tidak sengaja kubaca pas lihat bukunya temenku, dan btw temenku ini habis berdebat dengan temenku yang lain. 


Ahh biar tidak rempong, sebut saja temenku ini si A, sementara temenku yang lain si B. 


You know, masalah apaan? Tidak lain tidak bukan ialah masalah pertanyaan kapan nikah. 


Pertanyaan yang cukup menjadi huru hara,  karena sebagian orang, ada yang menganggap itu hanya basa basi, tanda perhatian, dan berbagai alasan positif lainnya. 


Namun disisi lain, ada sebagian lainnya yang menganggap pertanyaan tersebut cukup sensitif sehingga rasa rasanya tidak perlu dan tidak patut ditanyakan, terkecuali kalau memang niat serius bantuin nyariin jodoh plus bayarin biaya nikah, hehe.


Nah kondisinya si A sama kayak aku, sama sama belum nikah, sementara si B sudah nikah dan punya anak. Jadi, bisa kalian bayangkan isi perdebatannya kayak apa. (Wkkwk edisi saya malas nulis banyak, gaes) 


Saya pribadi mikirnya, 

Terhadap si A :

Dalam hidup ini, kita tidak bisa mengontrol orang lain agar bertindak sesuai ekspektasi kita. Kita hanya bisa mengontrol diri kita. 


Kita tidak bisa meminta orang lain agar mau memahami, toleransi dan mengerti kondisi kita. Jadi ya kudu kita sendiri yang memfilter omongan maupun tindakan orang lain. 


Sakit hati, baper, sedih itu wajar, karena kita manusia, bahkan membalasnya pun oke (dengan ctt kudu bener bener impas dalam takaran Allah agar tidak termasuk dholim). Tapi ada yang jauh lebih baik lagi, yakni diam dan memaafkan. Meski itu sulitnya masyaAllah. Hehe. 


Terhadap si B:

Ya ampun kalau kamu sudah nikah dan bahagia, ya sudah sana bersyukur! Tidak usah banyak bacot dan nyindir nyindir kami, yang masih di tahap menunggu jodoh.


Kamu pikir kami gak pingin nikah apa? Kami pun sebenarnya pingin, tapi sama Allah belum dikasih ya mau gimana lagi selain tetap sabar, doa dan ikhtiar. 


Dan note besar besar:

Nikah itu bukan sebuah perlombaan siapa yang paling cepat, melainkan siapa yang paling bahagia dan langgeng di pernikahannya. 


Jadi ya ayolah kita berbaikan, yang sudah nikah maupun yang belum nikah, kita punya pandangan dan persepsi masing masing, tidak perlu saling memaksakan. 


Karena kalau sudah waktunya nikah, kami, rombongan orang belum nikah, pasti juga akan menikah.




Komentar


  1. Yaa udah gini aja kalau ada yang bilang Kapan Nikah....Kamu tanya balik Lhaa situ kapan mati..🤣🤣🤣😋

    BalasHapus
  2. Kalo ada orang2 kepo yg nanyain pertanyaan tp menyangkut hak vetonya tuhan , rasanya pengen aku guyur mukanya Ama air biar melek -_-. Yg namanya rezeki, usia, maut dan jodoh, mau sampe jungkir balik pun nyari, tp Tuhan belum restuin, ga akan tercipta.. makanya dulu pas ditanya Mulu kapan akan nikah, aku telat soalnya, baru usia jelang 30 menikah, sering aku semprot itu orang2.

    Kalo lagi baik hati, aku suruh tanya langsung Ama Tuhan. Tapi kalo lagi bad mood, aku tanya balik , kapan dia mati -_- .. yakaliii hal begitu manusia bisa tau. Huuft... Jadi kebawa kesel2 yg dulu hahahaha :p.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya. Tapi entahlah, namanya juga manusia banyak. Ada yang paham arti toleransi ada yang kurang paham. Jadi baik baik ke sendiri, hibur diri sendiri.

      Hapus

  3. Hallo Aie ku sayang ??? Kangen ma tulisanmu ku pikir belum afdet ternyata udah . Ya Aie??? Gak usah dengerin kata orang kapan meried soal jodoh serahkan pada tuhan, insha Allah Tuhan kan heri jodoh terbaik sama kaysk aku Air sekarang pun aku gak mahu mikir jodoh dulu mahu fokus ke karier toh nanti kalau karier dah oke jodoh juga datang sendiri.

    BalasHapus
  4. Bagus banget quotenya... saat hidup kita lebih baik bukan berarti bisa mengomentari hidup orang lain. ijin kopas ya :)

    BalasHapus

  5. Hallo aie, spa kabar ??? Gimana kabarnya , kangen tulisanmu aie ??? Nulis lagi lah meski curhat akupun sekarang juga nulis curhatan Mulu kok . 🤩😂😆🤣😅🤫🤭🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun mbk tari masih setia banget sama blogku, hehe. Aku juga heran, gak tau kenapa moodku untuk nulis bisa separah ini. Udah janji berkali kali mau rajin nulis, tapi kenyataannya selalu zonk, saya janji sendiri, lalu kuingkari sendiri, bhahahha dasar akuh.

      Btw secepatnya deh, kuusahakan untuk nulis lagi, semoga bisa, fighting bisa.

      Hapus
  6. Emang horor banget ini mah pertanyaan kapan nikah. Setuju banget sama pendapat mas e, Nikah itu bukan perlombaan. Terlebih dahulu menikah bukan sebuah jaminan perumah tanggaannya akan bahagia (semoga diberikan yang terbaik.. Amin)

    Nikah itu perihal kesiapan, kemantapan menaiki bahtera baru bernama keluarga

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer